Tips Foto Produk: Jenis dan Manfaatnya dalam Bisnis Online {keywordfoto}

Tips Foto Produk: Jenis dan Manfaatnya dalam Bisnis Online {keywordfoto}

Tips foto produk menjadi salah satu yang paling banyak dicari selama beberapa tahun belakangan ini, terutama oleh mereka yang sedang atau bahkan berniat untuk terjun ke dunia bisnis online.

Tips foto produk jasa foto produk katalog makanan fashion bandung jakarta

Bisnis online masih menjadi salah satu bidang yang paling banyak diminati hinga saat ini. Bagaimana tidak, peluang kesuksesannya terbilang tinggi, bahkan untuk para pemula sekalipun. Potensi keuntungan yang bisa diberikan bisnis online memang sangat menjanjikan, terutama setelah masa pandemi, di mana kebanyakan orang lebih senang melakukan pembelian online, dibandingkan dengan mendatangi toko-toko konvensional. Jika Anda termasuk orang yang tertarik untuk segera terjun ke bisnis online, maka pastikan Anda memahami dengan baik bagaimana cara foto produk yang tepat untuk setiap produk yang Anda jual nantinya.

Jika berbicara tentang bisnis online, maka Anda tentu tidak bisa mengabaikan tentang foto-foto yang digunakan di dalamnya. Para pelanggan mengiginkan foto produk dengan kualitas yang baik dan estetik. Hal ini tentu hanya bisa didapatkan dengan teknik foto produk yang tepat sejak awal. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis online sekaligus. Jika Anda menjual baju, maka penting untuk memahami cara foto baju untuk online shop yang tepat sejak awal. Anda mungkin harus mempelajari beberapa teknik foto, termasuk cara foto baju di lantai dan yang lainnya. Semua hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang ingin mendapatkan tips foto produk di dalam bisnis online.

Tips foto produk jasa foto produk katalog makanan fashion bandung jakarta

Mengenal Foto Produk dan Jenisnya

Sebelum mempelajari bagaimana cara foto produk makanan, ada baiknya Anda memahami dengan baik apa sebenarnya foto produk itu sendiri. Foto produk merupakan foto yang dibuat/ diambil dan digunakan dalam sebuah situs jual beli, e-commerce maupun media sosial dengan tujuan untuk mendukung terjadinya penjualan sebuah produk maupun layanan. Melalui penjelasan tersebut, terlihat dengan jelas bagaimana foto produk memang dibuat dengan tujuan untuk menarik para konsumen untuk membeli sebuah produk atau layanan yang terdapat di dalam foto itu sendiri.

Saat orang mengunjungi situs online atau e-commerce untuk menemukan sebuah produk, maka hal yang pertamakali mereka ingin lihat adalah foto produk itu sendiri. Jika mencari produk makanan, maka konsumen berharap bisa menemukan foto makanan yang berkualitas baik dan menggugah selera makan mereka. Hal yang sama juga berlalu untuk berbagai kategori lainnya. Foto produk akan membuat konsumen lebih mudah untuk menemukan produk yang mereka cari. Bukan hanya itu saja, foto produk yang tepat bahkan bisa membuat konsumen lebih cepat dalam melakukan aksi/ pembelian.

Melalui foto produk, Anda akan menjelaskan kepada pelanggan apa sebenarnya yang Anda jual. Secara tidak langsung, deskripsi produk Anda tersebut akan terlihat jelas pada foto produk yang Anda suguhkan. Penggunaan foto produk sudah menjadi kebutuhan tersendiri di dalam bisnis online. Hal inilah yang membuat banyak pebisnis mulai mempelajari berbagai teknik foto, termasuk teknik foto produk dengan hp yang praktis. Selain itu, mempelajari berbagai tips foto produk juga menjadi cara lainnya yang banyak dilakukan. Lalu, apakah foto produk ini begitu penting?

Di dalam prakteknya, para penikmat belanja online juga sudah cerdas dan mereka akan melakukan banyak cara untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan. Melakukan perbandingan antara satu produk dengan yang lainnya merupakan salah satu yang paling sering dilakukan konsumen. Foto produklah yang akan pertama kali mereka bandingkan. Jika melihat kenyataan tersebut, Anda tentu memahami dengan baik bagaimana pentingnya untuk menguasai cara memfoto produk yang tepat.

Tips foto produk jasa foto produk katalog makanan fashion bandung jakarta

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa foto produk yang berkualitas  sangat penting dalam bisnis online:

  • Foto yang memiliki kualitas baik mampu memberi kesan pertama yang positif bagi para calon konsumen.
  • Foto produk yang memiliki kualitas baik juga akan menjadi citra kualitas produk dan juga brand bisnis yang Anda jalankan.
  • Foto sebuah produk merupakan salah satu alasan di balik keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.

Ada beberapa jenis foto produk yang lazim digunakan, beberapa di antara seperti berikut ini:

1.    Individual shots

Ini termasuk jenis foto produk yang paling banyak digunakan dan terbilang mudah untuk dibuat. Individual shots merupakan foto produk yang benar-benar cuma menampilkan sebuah produk saja di dalam satu frame. Umumnya foto individual shots ini dipakai untuk membuat katalog produk, banner image, maupun halaman produk yang ditujukan untuk menampilkan sebuah produk dengan jelas.

2.    Group shots

Tips foto produk jasa foto produk katalog makanan fashion bandung jakarta

Ini merupakan jenis foto produk yang menampilkan dua atau lebih produk sekaligus dalam satu frame. Group shots ini biasanya akan digunakan untuk menampilkan beberapa produk yang dibuat dalam bentuk paket. Selain itu, jenis foto produk ini juga banyak digunakan untuk menampilkan varian produk yang dijual. Misalnya: paket produk kesehatan dan perawatan diri, minuman kopi dalam berbagai varian yang berbeda, dan yang lainnya.

3.    Lifestyle shots

Ini merupakan jenis foto produk yang menampilkan sebuah produk saat dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Tujuan lifestyle shots adalah untuk memberikan gambaran kepada calon konsumen bagaimana produk tersebut saat digunakan. Pada umumnya, jenis foto produk yang satu ini akan memakai seorang model.

Misalnya: foto produk smartphone yang digunakan oleh seorang model wanita. Di dalam penerapannya, foto produk ini akan memakai flat lay photography, yakni dengan menata produk pada permukaan yang datar dan menambahkan properti lainnya sebagai pendukung, agar keseluruhan produk tersebut terlihat lebih cantik dan menarik. Misalnya: cara foto makanan atau aneka kue di piring.

4.    Scale shots

Saat melakukan pembelian online, para konsumen biasanya hanya bisa melihat foto produk yang mereka beli, tanpa mengetahui dengan jelas ukuran produk tersebut secara detail. Agar para konsumen lebih mudah untuk memperhitungkan ukuran produk yang akan mereka beli, maka menerapkan scale shots merupakan keputusan yang tepat.

Ini termasuk Tips foto produk  yang banyak digunakan saat membuat foto produk. Scale shots ini biasanya dapat dilakukan dengan cara membandingkan produk yang dijual tersebut dengan benda lainnya yang kerap ditemukan dalam kehidupan kita. Misalnya: mengambil foto donat di sebelah minuman Coca cola kemasan kaleng, sehingga konsumen bisa melihat seberapa kira-kira ukuran donat yang akan mereka beli.

5.    Detailed shots

Di dalam prakteknya, sejumlah produk seringkali memiliki berbagai detail mini dan sulit untuk terlihat jelas dalam foto produk. Untuk menonjolkan atau menunjukkan berbagai detail yang kecil ini dibutuhkan Detailed Shots. Misalnya: menunjukkan berlian yang digunakan pada sebuah liontin maupun cincin. Jenis foto yang satu ini akan membutuhkan pengaturan cahaya dan juga kamera tersendiri. Misalnya: untuk menghasilkan detail foto produk yang terlihat halus, maka dibutuhkan sebuah lensa makro yang memadai.

6.    Packaging shots

Packaging juga menjadi salah satu hal yang selalu menarik dan menjadi perhatian tersendiri bagi para konsumen. Kemasan akan menjadi salah satu poin yang meyakinkan konsumen untuk mengambil keputusan/ membeli sebuah produk. Untuk memenuhi kebutuhan foto produk yang seperti ini, dibutuhkan packaging shots. Jenis foto yang satu ini akan menampilkan produk beserta kemasannya di dalam satu frame. Hal ini akan membuat konsumen leluasa untuk melihat dan menilai keseluruhan produk tersebut secara detail, termasuk kemasannya.

Manfaat Foto Produk untuk Bisnis Online

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis online memiliki peluang pasar yang sangat luas. Bukan hanya pasar nasional saja, Anda bahkan bisa menjangkau pasar internasional saat menjalankan bisnis online. Namun di balik semua itu, ketatnya pesaingan dalam bisnis online juga tak bisa dianggap enteng. Di luar sana, ada banyak kompetitor yang kerapkali menjual produk sejenis atau bahkan benar-benar sama dengan Anda. Hal-hal seperti inilah yang menjadi alasan mengapa sangat penting untuk menampilkan produk dengan cara yang maksimal. Berikan foto yang produk yang berkualitas kepada calon konsumen sepanjang waktu.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda wajib mempelajari Tips foto produk dan menggunakan foto yang berkualitas baik dalam bisnis online:

  • Menampilkan produk secara maksimal

Penggunaan foto produk akan memungkinkan Anda menampilkan produk dengan cara maksimal. Meski belum memiliki kamera profesional untuk melakukan hal ini, Anda bisa mempelajari cara foto produk dengan hp terlebih dahulu. Foto produk yang tepat akan membantu Anda menunjukkan kepada calon konsumen produk terebut secara detail.

Jika perlu, Anda bisa menampilkan beberapa foto produk yang berbeda sekaligus, sehingga konsumen bisa melihat berbagai detail produk Anda dengan mudah. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun tampilan produk secara detail akan sangat membantu konsumen untuk memahami dengan baik apa sebenarnya produk yang sedang Anda tawarkan kepada mereka.

  • Menarik perhatian calon konsumen untuk melakukan pembelian

Masih berkaitan dengan poin di atas, sebisa mungkin Anda memang harus menunjukkan dengan jelas produk Anda kepada konsumen. Jika Anda berjualan sepatu, maka pelajari cara foto sepatu biar menarik. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menjual produk makanan, maka Anda perlu memahami dengan baik bagaimana cara memfoto produk makanan dengan tepat. Semua ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas baik.

Foto yang bagus seperti itu akan membantu Anda lebih mudah untuk membuat para calon konsumen tertarik. Mereka akan melihat produk Anda lebih menarik dari produk lainnya, sehingga tidak enggan untuk meng-klik produk tersebut dan mencari tahu lebih detail tentang produk itu sendiri. Tidak sampai di situ saja, foto produk yang berkualitas ini akan sekaligus “menggoda” pelanggan untuk melakukan aksi pembelian. Inilah tujuan utama Anda dalam bisnis.

  • Membedakan produk dengan produk sejenis lainnya

E-commerce dan media sosial merupakan tempat di mana para pebisnis online seperti Anda menjajakan dagangannya. Artinya, produk Anda akan berhadapan dengan belasan atau bahkan puluhan produk sejenis lainnya di sana. Hal ini menjadi ancaman tersendiri, apalagi jika ternyata Anda menjual produk yang benar-benar sama secara keseluruhan dengan produk miliki pebisnis lainnya.

Namun jika Anda menggunakan foto produk yang baik dan berkualitas, maka produk Anda bisa dibedakan dengan yang lainnya. Anda bisa mengatur hal ini dengan sedemikian rupa ketika mengambil foto produk tersebut. Misalnya; menggunakan background yang unik, menggunakan model, menggunakan lampu yang unik, dan yang lainnya. Selain itu, foto produk yang berkualitas seperti ini akan jauh lebih menarik bagi para calon konsumen yang melihatnya.

  • Mengatasi ketatnya persaingan bisnis

Penggunaan foto produk yang bagus dan tepat akan membantu Anda mengatasi ketatnya persaingan di dalam bisnis itu sendiri. Anda bisa membuat foto yang berbeda dengan produk sejenis lainnya di pasaran. Selain itu, penggunaan watermark juga akan memungkinkan foto produk tidak digunakan oleh orang lain dengan sembarangan. Dapatkan foto produk dengan tepat dengan menerapkan Tips foto produk yang tepat sejak awal.

Calon pelanggan akan melihat dengan jelas, bagaimana Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk foto produk tersebut. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada semua produk yang Anda jual di dalam bisnis tersebut. Jika para calon pelanggan sudah mengenali produk Anda dengan mudah dan menyukainya, maka peluang untuk mereka melakukan pembelian tentu akan semakin besar. Di saat bersamaan, Anda juga bisa mengatasi ketatnya persaingan dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.

  • Membangun citra brand bisnis

Untuk sukses di dalam bisnis online, Anda tentu harus mampu membangun brand dengan cara maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menampilkan produk bisnis Anda secara profesional. Jika Anda menjalankan bisnis pakaian, maka gunakan cara memfoto baju online yang tepat dan sesuai dengan jenis pakaian yang Anda jual. Cara foto produk baju yang tepat seperti ini bisa Anda lakukan dengan mempraktekkan Tips foto produk  yang paling tepat.

Tampilan foto yang berkualitas akan membuat toko online Anda rapi dan terorganisir. Pelanggan akan mudah mengenali dan menemukan setiap produk yang mereka butuhkan. Bukan hanya itu saja, pelanggan akan bisa memahami semua produk Anda secara detail melalui foto-foto yang Anda gunakan di sana. Hal ini akan sekaligus membantu Anda mendapatkan respon positif yang membangun untuk proses branding bisnis tersebut. Semua ini tentu akan secara langsung berdampak baik bagi kesuksesan bisnis Anda tersebut secara keseluruhan.

  • Meningkatkan angka penjualan produk

Selain semua poin di atas, foto produk yang bagus dan berkualitas tentu akan secara otomatis meningkatkan angka penjualan dalam bisnis yang Anda jalankan. Anda akan mendapatkan respon yang positif dari pelanggan, sekaligus dari pasar di mana Anda menjalankan bisnis tersebut. Tujuan Anda menjalankan bisnis akan tercapai dengan baik, bahkan meski bidang tersebut dipenuhi oleh para kompetitor lainnya dalam bisnis sejenis.

Dalam waktu bersamaan, kemampuan Anda dalam mengelola bisnis juga tentu akan berkembang dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Kondisi ini akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis yang Anda jalankan. Anda memiliki peluang untuk membangun bisnis tersebut menjadi lebih besar lagi ke depannya. Hal ini tentu menjadi harapan yang sangat patut untuk diupayakan dengan sedemikian rupa, bukan?

Tips Foto Produk untuk Meningkatkan Bisnis Online

Berniat mendapatkan kesuksesan dalam bisnis online, maka Anda harus mampu membuat foto produk yang berkualitas baik sejak awal. Hal ini tentu tidak akan menjadi pekerjaan yang sulit, jika bisa menerapkan  Tips Foto Produk dalam bisnis online yang Anda jalankan. Bagi Anda yang menjalankan bisnis makanan, maka luangkan waktu untuk mempelajari tips foto makanan dengan baik, sehingga Anda bisa mengambil angle foto makanan yang tepat untuk setiap produk yang Anda jual secara online. Jika Anda belajar secara konsisten, maka kesempatan untuk menguasai teknik foto produk dengan hp atau kamera profesional tentu akan terbuka dengan sangat lebar.

Cara foto produk yang satu dengan yang lainnya sangat mungkin berbeda. Misalnya: cara foto produk makanan dengan cara foto produk baju tentu tidak akan sama. Namun Anda tidak perlu khawatir, apalagi jika Anda sudah mempelajari tips foto produk yang cocok untuk diterapkan dalam semua jenis bisnis online sekaligus. Anda akan mudah untuk bereksperimen dan menerapkan berbagai tips ini untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas baik dan benar-benar sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Dijamin, Anda bisa menguasai teknik foto produk yang tepat dalam waktu yang singkat.

Berikut ini adalah beberapa tips foto produk yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan foto produk yang bagus dan berkualitas:

1.    Atur background

Background menjadi salah satu poin penting dalam pengambilan foto produk dan Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. Warna background yang tepat akan membuat foto terlihat dengan lebih jelas. Pelanggan akan mudah untuk melihat secara detail foto yang ditampilkan, bahkan secara keseluruhan. Hal ini akan sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Menggunakan background yang tepat sejak awal merupakan salah satu langkah cerdas. Bukan hanya membuat foto terlihat jelas, namun hal ini juga akan mempemudah proses editing yang biasanya dibutuhkan dalam pembuatan foto produk. Sesuaikan backgroud ini dengan produk yang akan difoto, agar hasilnya maksimal.

  1. Pertimbangkan background putih atau warna cerah lainnya

Masih berkaitan dengan poin di atas, tips foto produk yang satu ini juga akan sangat membantu. Idealnya, Anda memang perlu menyesuaikan background foto dengan masing-masing produk yang akan Anda foto. Namun hal ini tentu akan cukup merepotkan, bahkan bisa saja membuat Anda kebingungan untuk menyesuaikan warna ini. Jika ingin simpel, pertimbangkan untuk menggunakan background berwarna putih saja untuk semua produk, kecuali untuk produk yang berwarna putih atau warna muda lainnya. Selain itu, pilihan warna muda seperti cream juga bisa menjadi pertimbangan. Warna-warna seperti ini akan membuat tampilan foto lebih fokus dan menarik di mata calon pelanggan.

  1. Atur posisi produk dengan tepat

Pada dasarnya, Anda perlu membuat produk tampak estetik di mata para pelaggan. Artinya, segala sesuatunya harus seimbang dan tidak berlebihan. Penting untuk mengatur posisi produk dengan baik ketika akan difoto, sehingga produk tersebut dapat terlihat dengan jelas dan menarik di mata pelanggan. Hal ini bisa Anda terapkan dengan cara menyesuaikan setiap produk yang akan difoto. Misalnya: cara memfoto produk makanan dengan menggunakan piring berdesain minimalis, atau cara foto baju di lantai dengan dasar lantai berwarna putih polos, dan yang lainnya. Tata letak produk yang baik akan membuat hasil foto berkualitas dan mudah untuk menarik para pelanggan. Meski menggunakan benda lainnya sebagai pendukung, fokus foto ini haruslah tetap pada produk yang Anda jual.

4.    Atur pencahayaan dengan baik

Di dalam pengambilan foto, pencahayaan merupakan salah satu poin yang sangat penting dan akan langsung mempengaruhi kualitas foto itu secara keseluruhan. Artinya, sangat penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur pencahayaan ini secara maksimal. Pada dasarnya, ada 2 sumber cahaya yang bisa dimanfaatkan dalam pengambilan foto produk, yakni: pencayaan alami dan juga pencahayaan buatan (lampu) . Jika tidak memiliki budget yang besar untuk membeli lampu khsus, maka Anda bisa mengandalkan pencahayaan alami/ matahari. Namun jika memiliki budget yang memadai, maka tidak ada salahnya untuk berinvestasi membeli lampu khusus untuk pengambilan foto produk ini. Saat ini, ada banyak lampu yang dijual secara online dan bisa Anda temukan dengan mudah. Harga yang ditawarkan juga sagat beragam, sehingga Anda akan leluasa untuk memilih lampu yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

5.    Ambillah foto dari beberapa angle

Jika ingin mendapatkan kualitas foto produk yang bagus, maka hindari untuk mengambil foto dari satu dari angle saja. Mengambil foto dari berbagai angle akan memungkinkan Anda mendapatkan foto yang lebih berkualitas. Cara memfoto produk yang seperti ini akan memungkinkan Anda lebih mudah untuk memilih beberapa foto terbaik sekaligus. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga, sebab Anda tidak perlu mengulang pengambilan foto tersebut jika hasil foto blur. Setiap kali mengambil foto produk, pastikan untuk mengambil foto tersebut dari jarak, sudut dan bahkan posisi yang berbeda-beda.

6.    Gunakan tripod saat mengambil foto

Foto yang blur merupakan salah satu masalah yang umum terjadi dalam pengambilan foto produk. Meski angle foto makanan sudah cukup baik, namun jika hasilnya blur tentu tidak akan terlihat jelas. Hal ini juga bisa membuat para pelanggan kesulitan untuk melihat dan memahami dengan baik foto produk yang Anda tampilkan. Agar hasil foto lebih stabil dan tidak bergerak/ blur, menggunakan tripot dalam pengambilan foto merupakan cara yang cerdas. Tripod akan membuat pengambilan foto menjadi lebih mudah dan maksimal, sebab kamera bisa berdiri dengan stabil dan mengambil gambar dalam posisi yang benar-benar stabil/ diam. Cara memfoto baju online dan produk lainnya akan jauh lebih mudah dan cepat dengan tripod ini.

  1. Gunakan kamera berkualitas

Tips foto produk berikutnya adalah menggunakan kamera berkualitas baik. Ini berlaku untuk semua jenis kamera, baik itu untuk kamera profesional/ digital maupun kamerap HP. Menggunakan kamera DSLR tentu akan bisa memberikan kualitas foto yang sangat baik, apalagi jika sejak awal Anda sudah memiliki kemampuan yang baik dalam membidik gambar. Namun meski begitu, beberapa kamera HP juga sudah terbilang cukup bagus dan mampu menghasilkan foto produk yang berkualitas baik.

  1. Gunakan model

Jika ingin mendapatkan hasil foto produk yang menarik, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan model. Namun hal ini tidak harus atau tidak perlu dilakukan untuk semua jenis produk. Produk seperti makanan pada umumnya tidak membutuhkan model sama sekali. Namun ada beberapa jenis produk yang seringkali lebih baik jika menggunakan model, seperti pakaian atau bahkan sepatu. Model bisa membantu untuk mendemostrasikan produk yang digunakan, sehingga calon konsumen akan lebih mudah memahami dan membeli produk tersebut secara online. Cara foto baju untuk online shop seperti ini akan memberikan gambaran produk yang lebih jelas secara keseluruhan. Hal ini akan memudahkan calon konsumen untuk melihat desain, ukuran dan detail lainnya terkait pakaian yang Anda tawarkan kepada mereka.

  1. Perhatikan angle foto

Dalam pengambilan foto produk, sangat penting untuk memahami dengan baik angle mana saja yang tepat dan harus digunakan. Hal ini penting, sebab masing-masing produk seringkali lebih bagus jika diambil dari angle tertentu. Misalnya: cara foto makanan akan lebih baik jika dilakukan dari atas. Sedangkan pengambilan foto produk pakaian akan lebih bagus jika diambil dari bagian depan. Selain mengambil foto dari sudut yang tepat, mengambil foto dari beberapa sudut yang berbeda sekaligus juga tak kalah pentingnya. Anda akan bisa memiliki beberapa foto produk yang berbeda dan bisa memilih salah satu atau beberapa foto untuk produk tersebut.

  1. Coba beberapa style yang berbeda

Kreasi dalam pengambilan foto produk memang sangat penting, sehingga hasil foto yang didapatkan juga beragam. Jika ingin lebih menarik, tidak ada salahnya untuk mengambil foto dengan berbagai style yang berbeda sekaligus. Misalnya: menggunakan aksesoris yang berbeda, menggunakan background yang berbeda, mengambil foto dengan pancahayaan yang berbeda, dan yang lainnya. Namun meski begitu, pastikan foto tetap berfokus pada produk itu sendiri. Hal ini akan membantu calon pelanggan untuk tetap mudah dan fokus pada produk apa yang Anda tawarkan.

  1. Ambil foto di lokasi berbeda

Tips foto makanan atau produk lainnya yang satu ini juga sangat layak untuk dicoba, sebab bisa memberikan nuansa yang berbeda. Memilih lokasi yang tepat untuk pengambilan foto produk merupakan hal yang penting. Anda bisa menyesuaikan lokasi pengambilan foto ini dengan detail/ jenis produk yang Anda miliki. Misalnya: Untuk foto produk berbagai perlengkapan taman, mengambil gambar di halaman atau bahkan taman merupakan cara yang tepat. Namun jika menjual produk bikini, maka mengambil foto produk dengan background pantai tentu bisa jadi pertimbangan. Pengambilan foto produk pada lokasi yang tepat seperti ini akan membuat hasil foto lebih maksimal. Selain itu, calon konsumen juga bisa melihat dan tertarik kepada produk yang ditawarkan, sebab konsepnya relevan.

  1. Tentukan tema yang tepat

Masih berkaitan dengan poin di atas, pemilihan tema foto juga tak kalah pentingnya. Pemilihan tema ini tentu harus disesuaikan dengan jenis atau detail produk itu sendiri. Tema yang tepat akan membuat hasil foto produk terlihat lebih unik dan menarik, sehingga tujuan pengambilannya juga bisa tercapai dengan baik. Selain itu, pemilihan tema yang tepat sejak awal juga akan mempermudah proses pengambilan foto produk itu sendiri. Jika telah memilih tema, maka mulailah mengolah tema tersebut dengan sebaik mungkin, agar pengambilan foto bisa berjalan dengan lancar. Hal ini juga akan memungkinkan Anda mendapatkan foto berkualitas baik dan relevan dengan produk yang Anda jual.

  1. Pakai pengaturan yang maksimal

Cara foto produk dengan hp perlu menggunakan tips yang satu ini dengan baik. Pada dasarnya, berbagai fitur yang terdapat pada kamera HP tentu tidak sebaik yang terdapat pada kamera digital seperti DSLR. Namun hal ini tidak perlu menjadi masalah dalam pengambilan foto produk, apalagi jika Anda sudah memiliki HP dengan resolusi kamera yang cukup mumpuni. Untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas, pastikan Anda memanfaatkan semua pengaturan kamera HP secara maksimal. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan foto produk dengan versi terbaik dari kamera HP yang Anda gunakan tersebut.

  1. Hindari penggunaan zoom

Tips foto produk yang satu ini berlaku untuk semua jenis kamera, baik itu kamer HP maupun kamera digital profesional. Jika ingin mendapatkan kualitas gambar yang bagus, maka hindari penggunaan zoom pada kamera. Penggunaan fitur zoom ini akan membuat produk semakin besar, namun resolusi gambar tersebut justru semakin kecil. Hal ini akan membuat kualitas gambar menjadi semakin rendah, apalagi jika pengambilan foto dilakukan dengan menggunakan kamera HP. Di dalam prakteknya, kamera HP akan mengambil gambar dalam ukuran yang lebih kecil. Jadi jika ingin mendapatkan kualitas foto yang bagus, maka lakukan pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat, sehingga produk tersebut bisa terlihat dengan jelas pada frame.

15. Lakukan editing dengan baik

Setelah melakukan pengambilan foto produk, maka proses yang satu ini menjadi salah satu yang penting dan tak bisa diabaikan. Anda perlu melakukan proses editing foto produk tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya menggunakan foto-foto tersebut untuk kepentingan bisnis online. Proses editing akan memungkinkan Anda melakukan perbaikan terhadap foto. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain: mengubah warna, menghilangkan objek tertentu, mengatur kualitas cahaya, dan yang lainnya. Pada intinya, pengeditan foto ini bertujuan untuk menghasilkan foto produk yang terbaik dan bisa digunakan dengan semaksimal mungkin. Keterampilan editing ini bisa dipelajari dengan mudah secara online, sehingga Anda bisa benar-benar mampu melakukannya dengan baik dan mendapatkan foto produk yang berkualitas.

16. Tambahkan watermark

Di dalam era digital seperti sekarang ini, mengambil/ mencuri foto maupun karya orang lain merupakan hal yang kerap terjadi. Hal ini bisa saja dilakukan dengan berbagai tujuan, termasuk untuk kepentingan bisnis. Sebagai pebisnis, Anda tentu tidak ingin karya atau foto produk Anda dicomot dan digunakan oleh orang lain secara sembarangan. Lindungi foto produk Anda dengan membubuhkan watermark sejak awal, agar orang lain tidak bisa menggunakannya secara sembarangan. Watermark merupakan tanda yang berfungsi untuk menandai sebuah foto, sehingga bisa diketahui dengan jelas siapa pemiliknya. Hindari untuk membubuhkan watermark ini pada bagian pojok atau bagian atas/ bawah, sebab akan mudah dihapus atau dihilangkan orang lain. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan watermark pada bagian tengah foto produk, tentunya tanpa membuat produk tersebut menjadi “rusak”.

Gunakan Layanan Jasa Foto Produk yang Profesional

Membuat foto produk merupakan kebutuhan tersendiri bagi Anda yang menekuni bisnis online. Hal ini penting, sebab foto produk Andalah yang pertama kali akan dilihat oleh para calon konsumen. Jika foto menarik, maka peluang mereka melakukan pembelian tentu akan sangat besar. Untuk kebutuhan ini, Anda mungkin sudah mencari dan menemukan berbagai tips foto produk secara online. Meski terlihat mudah, membuat foto produk yang berkualitas bukanlah perkara mudah, apalagi jika Anda masih termasuk kategori pemula.

Daripada repot mengurus berbagai hal terkait pengambilan foto produk ini, akans angat baik jika Anda menggunakan layanan foto produk yang profesional saja. Serahkan urusan foto produk Anda pada http://defoto.id/,di mana Anda bisa mendapatkan layanan terbaik dengan harga yang bersahabat. Foto produk Anda akan ditangani oleh orang-orang yang ahli dan profesional di bidangnya, sehingga Anda bisa mendapatkan foto produk terbaik dan berkualitas. Dijamin, bisnis online Anda akan berjalan dengan lancar dan mampu mendatangkan angka penjualan serta keuntungan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *